Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat SPM Di Simda 2021


cara membuat spp ls
Cara Membuat SPM

Aripinrit - Sistem dan Prosedur Pengajuan Pembayaran Langsung (LS) Gaji adalah sistem dan prosedur dalam rangka melakukan pembayaran kepada Pihak Ketiga atas Gaji PNS. Masih banyak mengira para PNS bahwa pekerjaan Bendahara Pengeluaran sangatlah enak dan top dikarenakan yang ada dibenak masyarakat pada umumnya kalau sudah bendahara Duit, Hepeng atau uangnya banyak.


Yang sesungguhnya itu salah kaprah alias salah total, bendahara bukanlah jabatan melainkan orang yang bertugas untuk membuat pembukuan dan mengatur keuangan dalam sebuah organisasi atau kepanitaan. Didalam pemerintahanpun SKPD/OPD apapun seorang bendahara adalah Staf yang akibatnya mematahkan prediksi otak masyarakat bahwa Gaji Bendahara besar itu salah.
Gaji bendahara pengeluaran, penerimaan dan sejenisnya diseluruh indonesia itu sama semua dengan yang bukan bendahara, yang membedakan adalah golongan pangkat dan tunjangan. Dikarenakan bendahara adalah staf sudah pasti tunjangan sangat kecil, Cuma ada tambahan dari tunjangan bendahara sesuai pagu Anggaran yang di kelolah Oleh Dinas SKPD/OPD dan itupun tidak besar.

Baiklah ane akan bahas sedikit salah satu tugas bendahara pengeluaran SKPD/OPD dalam pemerintahan yaitu tentang membuat surat pengajuan Gaji PNS ke BPKAD hingga masuk kedalam rekening masing-masing PNS.
Dalam hal ini karena di dinas ane dalam hal pengelolaan keuangan daerah memakai Aplikasi Simda Keuangan maka saya akan membahas apa saja syarat dan bagaimana pengajuan gaji PNS hingga masuk gaji ke rekening masing-masing.

Pertama :
1.   Amprah Gaji
Setiap akhir bulan OPD BPKAD mengeluarkan yang namanya amprah gaji yang menjadi syarat pertama OPD/Dinas dan dasar Bagi bendahara pengeluaran untuk membuat daftar/rekab gaji para PNS.
Kedua :
Bahwa senjata bendahara pengeluaran adalah Aplikasi keuangan, berhubung di daerah ane memakai Aplikasi keuangan adalah Simda Keuangan, maka saya akan menjelaskan dengan aplikasi simda keuangan. banyak aplikasi keuangan selain simda yang dipakai di pemerintahan yang ada di indonesia. Ok. Untuk memulai pekerjaan pembuatan SPP Ls dan SPM Ls bukalah aplikasi Simdakeu dengan :
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com
aripinrit.blogspot.com

-      Memasukkan User dan Pasword
-      Pilih Menu : Data Entry ->SKPD->Tata Usaha->Data Tagihan
-      Tagihan Non Kontrak
-      Isilah nomor tagihan sesuai aturan yang ada. Contoh : 001/TGHN/3/DPKP/2019
-      Pilih tanggal tagihan sesuai tanggal yang akan diajukan
-      Pilih Jenis tagihan ‘Belanja Operasional’
-      Keterangan ‘Isi dengan untuk apa jenis tagihan dibuat . contoh Pembayaran Gaji PNS Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Bulan Januari 2019
-      Isi nilai tagihan sesuai yang tertera di Amprah Gaji (Total Gaji Kotor) tanpa tanda titik atau koma.
-      Simpan / save, Terus keluar/batal

-      Selanjutanya Pilih lagi Menu : Data Entry - SKPD - Bendahara - Pengeluaran - Nama Dinas/OPD - LS
-      Isilah nomor SPP sesuai aturan yang ada. Contoh : 912/001/SPP/3/DPKP/2019
-      Isi tanggal SPP sesuai tanggal Data Tagihan
-      Jenis SPP : Langsung (LS)
-      Uraian isi  dengan keterangan di data tagihan
-      Isi nama PPTK sesuai yang di SK kan oleh kepala OPD
-      No tagihan isi dengan mengklick tanda titik tiga (...) terus pilih ‘tanpa kontrak’
-      Penerima : Isi dengan nama Bendahara Pengeluaran
-      Alamat Bendahara Pengeluaran
-      Nama Bank Dinas/OPD/SKPD, contoh : Bank Sumut Capem Aek Kanopan
-      No Rekening Dinas, Contoh : 211.01.02.000XX-X
-      Isikan Nomor NPWP Dinas/opd/skpd
-      Nama dan NIP PPTK Boleh Kosong
-      Simpan (save)

-      Setelah Disimpan Klick Dua Kali Nomor SPP yang disimpan tadi
-      Klick tanda panah bulat paling kiri
-      Pilih belanja tidak langsung
-      Selanjutnya : isikan semua sesuai yang ada di Amprah Gaji yang dari BPKAD
-      Kalau sudah selesai dan sesuai jumlah yang diamprah, kembali lagi ke pengisian SPP
-      Terus klick print / cetak SPP59-1- SPP59-2 dan SPP59-3 (cetak satu persatu yang tiga lembar tersebut) terus keluar

-      Selanjutnya : Pilih lagi  Menu Data Entry - SKPD - Tata Usaha - Klick  Verifikasi SPP - Klick dua/tiga kali nama Dinas - Pilih LS - Klick dua kali Nomor SPP - Pilih satu persatu dengan klick ubah - simpan sampai selesai semua.

-      Setelah selesai semua, kembali ke SPP tadi - klick status - klick menu drop down - pilih final - proses - tunggu hingga selesai
-      Setelah selesai, keluar/batal

-      Selanjutnya  : Pilih lagi  Menu Data Entry - SKPD - Tata Usaha - Pembuatan SPM- Klick dua/tiga kali nama Dinas - Klick SPM - Akan muncul nomor spp- klik dua kali nomor spm tersebut

-      Isilah nomor SPM sesuai aturan yang ada, contoh :932/001/SPM/3/DPKP/2019
-      Isi tanggal SPP sesuai tanggal SPP/Data Tagihan
-      Penanda tangan isi data Kepala Dinas/OPD/SKPD/PA/KPA
-      Setelah selesai -> simpan / save
-      Selanjutnya : Klick potongan SPM->isi sesuai potongan yang ada di amprah gaji (IWP 2%, IWP 8 %, Askes, PPh21, Taperum)
-      Setelah selesai - kembali ke SPM - Klick Status->Pilih Final - Proses hingga selesai
-      Tutup / batal
-      Kembali ke SPM - Pilih Cetak
-      Selesai.

3.   Membuat Surat Pengantar SPM Ls dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Pengajuan SPM-Ls
Contoh :
PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
DINAS PERUMAHAN  DAN KAWASAN PERMUKIMAN
Jalan Lintas Sumatera Damuli Kebun Kec. Kualuh Selatan, Email : dpkp.labura@gmail.com
KODE POS 21457
                                                                                                                 
                                                                                                                     Damuli Kebun, 1 April 2019
                                                                                                                                                             
Nomor               : 900/013/DPKP/2019                                          Kepada :
Sifat                  : Penting                                                            Yth.     Sdr. Kepala Badan Pengelolaan
Lampiran           : -                                                                     Keuangan dan Aset Daerah
Perihal              : Surat Perintah Membayar Gaji Rapel PNS       Di_
                                                                                                            Aek Kanopan
                     
                                                                                                           
Bersama ini terlampir kami sampaikan 2 (dua) berkas dokumen pengajuan SPM-LS untuk Belanja Tidak Langsung Pembayaran Gaji Rapel PNS  Untuk Bulan : April 2019 Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019 tanggal 1 April 2019, pada SKPD Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Labuhanbatu Utara Sebesar : Rp. 12.037.245,-
Terbilang : (Dua belas juta tiga puluh tujuh ribu dua ratus empat puluh lima rupiah).

Demikian kami sampaikan kepada Bapak atas perhatian dan bantuan Bapak kami ucapkan terimakasih.
PENGGUNA ANGGARAN
                                                                                    KEPALA DINAS
PERUMAHAN  DAN KAWASAN PERMUKIMAN
                                                                                    KABUPATEN LABUHANBATU UTARA



                                                                                    Nama
                                                                                    Pangkat/Gol
                                                                                    NIP.

  
PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
DINAS PERUMAHAN  DAN KAWASAN PERMUKIMAN
Jalan Lintas Sumatera Damuli Kebun Kec. Kualuh Selatan, Email : dpkp.labura@gmail.com
KODE POS 21457
                                                                                                            
SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB PENGAJUAN SPM-LS
Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019

Yang bertanda Tangan di bawah ini :                                                                                                       
Nama                : nama PA/KPA            
Jabatan                         : Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Selaku Kuasa Pengguna Anggaran                                                         
                       
Sehubungan dengan Surat Permintaan Pembayaran Belanja Langsung (SPM-LS Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019 tanggal 1 April 2019, yang kami ajukan sebesar : Rp. 12.037.245,-
Terbilang : (Dua belas juta tiga puluh tujuh ribu dua ratus empat puluh lima rupiah) Untuk keperluan : Pembayaran Gaji Rapel PNS Untuk Bulan : April 2019 Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dengan ini menyatakan dengan sebenarnya :

1.      Jumlah Uang tersebut diatas akan dipergunakan untuk keperluan membiayai kegiatan sebagaimana tertera dalam SPM-LS yang kami ajukan.
2.      Uang Langsung (LS) tersebut diatas akan digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran yang menurut ketentuan yang berlaku harus dilakukan dengan pembayaran langsung.
3.      Berkaitan dengan pekerjaan baik secara fisik maupun keuangan adalah merupakan tanggung jawab saya selaku Pengguna Anggaran.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat untuk melengkapi persyaratan pengajuan SPM-LS SKPD kami.

Damuli kebun, 1 April 2019

PENGGUNA ANGGARAN
                                                                                    KEPALA DINAS
PERUMAHAN  DAN KAWASAN PERMUKIMAN
                                                                                    KABUPATEN LABUHANBATU UTARA


                                                                                    Nama
                                                                                    Pangkat/Gol
                                                                                    NIP.


  
4.    Membuat Daftar Gaji PNS Pada Dinas/OPD/SKPD
Buatlah daftar gaji Pegawai/PNS melalui aplikasi ms.excel dengan isian : Nomor urut, Nama pegawai, nomor rekening, gaji kotor, potongan KMG (potonga bank), potonga Korpri, Gaji bersih. Daftar ini nanti dibawak kebank (kerjasama pemda) yang menjadi dasar mereka mentransfer ke rekening masing-masing pegawai (pns) setelah SP2D diantar OPD BPKAD ke Bank (kerjasama pemda) contoh : disini kerjasama dengan bank sumut
5.    Selesai.

Cara menghapus dan Mengubah SPM Ls, SPP Ls dan GU maupun TU :

Terkadang tak sesuai dengan keinginan dan harapan SPM Ls, GU maupun TU sudah jadi alias sudah selesai dikerjakan ternyata ada yang salah, mau gak mau harus dirubah / edit lagi. Bagaimana meng edit atau menghapus SPM yang sudah selesai dikerjakan.?
Berikut kami sampaikan cara menghapus atau mengedit SPM yang sudah selesai di kerjakan di Aplikasi Simda Keuagan.
-      Buka menu tool
-      Perubahan status
-      Anggaran
-      SPM
-      Nomor SPM : Input / ketikan nomor spm yang mau di ubah / hapus
-      Status : Pilih final
-      Ke Status : pilih draf
-      Ubah
-      Selesai
-      Keluar
-      Kembali ke Data Entry - SKPD - Tata Usaha - Pembuatan SPM
-      Pilih SPM mana yang akan di edit atau dihapus.
-      Selesai

Jika ingin menghapus atau mengedit SPP nya sama seperti mengedit dan menghapus SPM, tinggal pilih SPP.


Cara Ngeprint SPP, SPM dan Laporan – Laporan di Simda Keuangan Dengan Sempurna Alias Tidak Terpotong

Seorang operator simda keuangan harus mengerti tugas pokok dan fungsinya ketika dia ditunjuk sebagai operator simda keuangan. Salah satunya adalah pembuatan spp, spm, dan tidak cukup hanya membuat soft nya saja akan tetapi harus diprint out / hard copy.

Dalam simda keuangan habis di install ke komputer dan selesai pembuatan SPP, SPM dan laporan- laporan lainnya defaultnya ketika di print out hasilnya tidak sempurnya ada terpotong bagian ujung kanan / yang paling kanan. Sehingga hasil spp, spm dan laporan laporan yang lain ketika di pirint tidak bisa dibaca dengan sempurna.
Caranya adalah sebagai berikut :

-      Buka aplikasi simda keuangan
-      Buka spp, spm atau laporan yang akan diprint
-      Setelah dibuka laporan mana yang akan di print
-      Klik menu / tombol print

-      Setelah ke buka akan tampil beberapa jenis print yang terinstal di laptop kita
-      Cari print ‘Miscrosoft XPS Dokumen’ atau printer yang lain juga bisa tapi ukuran kertasnya harus di ubah (unit : mm), Lebar kertas :215, Tinggi kertas :330. Atau (unit : inci) Lebar kertas :8.50, Tinggi kertas :13
-      Klik kanan – Set Default Printing
-      Klik kanan lagi – klik preperences
-      Klik Advanced
-      Pilih paper size : A3
-      Ok
-      Selesai

Sekarang coba lagi klik tombol print, Insya Allah hasil printnya sudah sempurna sesuai keinginan / kebutuhan anda.

Demikian pembuatan, Mengubah dan Menghapus SPP-Ls, SPM-Ls Gaji PNS hingga masuk kerekening masing-masing pegawai dengan Aplikasi Keuangan Simda Keuangan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

2 komentar untuk "Cara membuat SPM Di Simda 2021"