Cara membuat SPM Di Simda 2021
![]() |
Cara Membuat SPM |
Aripinrit - Sistem dan Prosedur
Pengajuan Pembayaran Langsung (LS) Gaji
adalah sistem
dan
prosedur
dalam rangka melakukan pembayaran kepada
Pihak Ketiga atas Gaji
PNS. Masih banyak mengira para PNS bahwa pekerjaan Bendahara Pengeluaran
sangatlah enak dan top dikarenakan yang ada dibenak masyarakat pada umumnya
kalau sudah bendahara Duit, Hepeng atau uangnya banyak.
Yang sesungguhnya itu salah kaprah alias salah total,
bendahara bukanlah jabatan melainkan orang yang bertugas untuk membuat
pembukuan dan mengatur keuangan dalam sebuah organisasi atau kepanitaan.
Didalam pemerintahanpun SKPD/OPD apapun seorang bendahara adalah Staf yang
akibatnya mematahkan prediksi otak masyarakat bahwa Gaji Bendahara besar itu
salah.
Gaji bendahara pengeluaran, penerimaan dan sejenisnya diseluruh
indonesia itu sama semua dengan yang bukan bendahara, yang membedakan adalah
golongan pangkat dan tunjangan. Dikarenakan bendahara adalah staf sudah pasti
tunjangan sangat kecil, Cuma ada tambahan dari tunjangan bendahara sesuai pagu
Anggaran yang di kelolah Oleh Dinas SKPD/OPD dan itupun tidak besar.
Baiklah ane akan bahas sedikit salah satu tugas bendahara
pengeluaran SKPD/OPD dalam pemerintahan yaitu tentang membuat surat pengajuan
Gaji PNS ke BPKAD hingga masuk kedalam rekening masing-masing PNS.
Dalam hal ini karena di dinas ane dalam hal pengelolaan
keuangan daerah memakai Aplikasi Simda Keuangan maka saya akan membahas apa
saja syarat dan bagaimana pengajuan gaji PNS hingga masuk gaji ke rekening
masing-masing.
Pertama :
1. Amprah Gaji
Setiap akhir bulan OPD BPKAD mengeluarkan yang namanya
amprah gaji yang menjadi syarat pertama OPD/Dinas dan dasar Bagi bendahara
pengeluaran untuk membuat daftar/rekab gaji para PNS.
Kedua :
Bahwa senjata bendahara pengeluaran adalah Aplikasi
keuangan, berhubung di daerah ane memakai Aplikasi keuangan adalah Simda
Keuangan, maka saya akan menjelaskan dengan aplikasi simda keuangan. banyak
aplikasi keuangan selain simda yang dipakai di pemerintahan yang ada di
indonesia. Ok. Untuk memulai pekerjaan pembuatan SPP Ls dan SPM Ls bukalah
aplikasi Simdakeu dengan :
aripinrit.blogspot.com |
![]() |
aripinrit.blogspot.com |
![]() |
aripinrit.blogspot.com |
aripinrit.blogspot.com |
![]() |
aripinrit.blogspot.com |
![]() |
aripinrit.blogspot.com |
![]() |
aripinrit.blogspot.com |
aripinrit.blogspot.com |
-
Memasukkan User dan Pasword
-
Pilih Menu : Data Entry ->SKPD->Tata Usaha->Data
Tagihan
-
Tagihan Non Kontrak
-
Isilah nomor tagihan sesuai aturan yang ada. Contoh : 001/TGHN/3/DPKP/2019
-
Pilih tanggal tagihan sesuai tanggal yang akan diajukan
-
Pilih Jenis tagihan ‘Belanja Operasional’
-
Keterangan ‘Isi dengan untuk apa jenis tagihan dibuat .
contoh Pembayaran Gaji PNS Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Bulan Januari
2019
-
Isi nilai tagihan sesuai yang tertera di Amprah Gaji (Total
Gaji Kotor) tanpa tanda titik atau koma.
-
Simpan / save, Terus keluar/batal
-
Selanjutanya Pilih lagi Menu : Data Entry - SKPD - Bendahara - Pengeluaran - Nama
Dinas/OPD - LS
-
Isilah nomor SPP sesuai aturan yang ada. Contoh : 912/001/SPP/3/DPKP/2019
-
Isi tanggal SPP sesuai tanggal Data Tagihan
-
Jenis SPP : Langsung (LS)
-
Uraian isi dengan
keterangan di data tagihan
-
Isi nama PPTK sesuai yang di SK kan oleh kepala OPD
-
No tagihan isi dengan mengklick tanda titik tiga (...)
terus pilih ‘tanpa kontrak’
-
Penerima : Isi dengan nama Bendahara Pengeluaran
-
Alamat Bendahara Pengeluaran
-
Nama Bank Dinas/OPD/SKPD, contoh : Bank Sumut Capem Aek
Kanopan
-
No Rekening Dinas, Contoh : 211.01.02.000XX-X
-
Isikan Nomor NPWP Dinas/opd/skpd
-
Nama dan NIP PPTK Boleh Kosong
-
Simpan (save)
-
Setelah Disimpan Klick Dua Kali Nomor SPP yang disimpan
tadi
-
Klick tanda panah bulat paling kiri
-
Pilih belanja tidak langsung
-
Selanjutnya : isikan semua sesuai yang ada di Amprah Gaji
yang dari BPKAD
-
Kalau sudah selesai dan sesuai jumlah yang diamprah,
kembali lagi ke pengisian SPP
-
Terus klick print / cetak SPP59-1- SPP59-2 dan SPP59-3
(cetak satu persatu yang tiga lembar tersebut) terus keluar
-
Selanjutnya : Pilih lagi
Menu Data Entry - SKPD - Tata Usaha - Klick Verifikasi SPP - Klick dua/tiga kali nama
Dinas - Pilih LS - Klick dua kali Nomor SPP - Pilih satu persatu dengan klick
ubah - simpan sampai selesai semua.
-
Setelah selesai semua, kembali ke SPP tadi - klick
status - klick menu drop down - pilih final - proses - tunggu hingga
selesai
-
Setelah selesai, keluar/batal
-
Selanjutnya : Pilih
lagi Menu Data Entry - SKPD - Tata
Usaha - Pembuatan SPM- Klick dua/tiga kali nama Dinas - Klick
SPM - Akan muncul nomor spp- klik dua kali nomor spm tersebut
-
Isilah nomor SPM sesuai aturan yang ada, contoh :932/001/SPM/3/DPKP/2019
-
Isi tanggal SPP sesuai tanggal SPP/Data Tagihan
-
Penanda tangan isi data Kepala Dinas/OPD/SKPD/PA/KPA
-
Setelah selesai -> simpan / save
-
Selanjutnya : Klick potongan SPM->isi sesuai potongan
yang ada di amprah gaji (IWP 2%, IWP 8 %, Askes, PPh21, Taperum)
-
Setelah selesai - kembali ke SPM - Klick
Status->Pilih Final - Proses hingga selesai
-
Tutup / batal
-
Kembali ke SPM - Pilih Cetak
-
Selesai.
3. Membuat Surat Pengantar SPM Ls dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab
Pengajuan SPM-Ls
Contoh :
PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN
Jalan
Lintas Sumatera Damuli Kebun Kec. Kualuh Selatan, Email : dpkp.labura@gmail.com
KODE POS 21457
KODE POS 21457

Damuli
Kebun, 1 April 2019
Nomor :
900/013/DPKP/2019 Kepada
:
Sifat :
Penting
Yth. Sdr. Kepala Badan Pengelolaan
Lampiran : - Keuangan dan
Aset Daerah
Perihal :
Surat Perintah Membayar Gaji Rapel PNS Di_
Aek
Kanopan
Bersama ini terlampir kami
sampaikan 2 (dua) berkas dokumen pengajuan SPM-LS untuk Belanja Tidak Langsung Pembayaran Gaji Rapel PNS Untuk Bulan :
April 2019 Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019 tanggal 1 April 2019, pada SKPD
Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Labuhanbatu Utara Sebesar : Rp. 12.037.245,-
Terbilang : (Dua belas juta tiga puluh tujuh ribu dua
ratus empat puluh lima rupiah).
Demikian kami sampaikan kepada
Bapak atas perhatian dan bantuan Bapak kami ucapkan terimakasih.
PENGGUNA ANGGARAN
KEPALA DINAS
PERUMAHAN DAN
KAWASAN PERMUKIMAN
KABUPATEN
LABUHANBATU UTARA
Nama
Pangkat/Gol
NIP.
PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA
DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN
Jalan
Lintas Sumatera Damuli Kebun Kec. Kualuh Selatan, Email : dpkp.labura@gmail.com
KODE POS 21457
KODE POS 21457

SURAT PERNYATAAN TANGGUNG
JAWAB PENGAJUAN SPM-LS
Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019
Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019
Yang bertanda Tangan di bawah ini :
Nama :
nama PA/KPA
Jabatan :
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Selaku Kuasa Pengguna Anggaran
Sehubungan
dengan Surat Permintaan Pembayaran Belanja Langsung (SPM-LS Nomor : 932/014/SPM/3/DPKP/2019
tanggal 1 April 2019, yang kami ajukan sebesar : Rp. 12.037.245,-
Terbilang : (Dua
belas juta tiga puluh tujuh ribu dua ratus empat puluh lima rupiah) Untuk keperluan : Pembayaran
Gaji Rapel PNS Untuk Bulan : April 2019 Dinas Perumahan dan Kawasan
Permukiman, dengan ini menyatakan dengan sebenarnya :
1.
Jumlah Uang tersebut
diatas akan dipergunakan untuk keperluan membiayai kegiatan sebagaimana tertera
dalam SPM-LS yang kami ajukan.
2.
Uang Langsung (LS)
tersebut diatas akan digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran yang
menurut ketentuan yang berlaku harus dilakukan dengan pembayaran langsung.
3.
Berkaitan dengan
pekerjaan baik secara fisik maupun keuangan adalah merupakan tanggung jawab
saya selaku Pengguna Anggaran.
Demikian
Surat Pernyataan ini dibuat untuk melengkapi persyaratan pengajuan SPM-LS SKPD
kami.
Damuli kebun, 1 April 2019
PENGGUNA ANGGARAN
KEPALA DINAS
PERUMAHAN DAN
KAWASAN PERMUKIMAN
KABUPATEN
LABUHANBATU UTARA
Nama
Pangkat/Gol
NIP.
4.
Membuat Daftar Gaji PNS Pada Dinas/OPD/SKPD
Buatlah
daftar gaji Pegawai/PNS melalui aplikasi ms.excel dengan isian : Nomor urut, Nama pegawai, nomor rekening, gaji
kotor, potongan KMG (potonga bank), potonga Korpri, Gaji bersih. Daftar ini
nanti dibawak kebank (kerjasama pemda) yang menjadi dasar mereka mentransfer ke
rekening masing-masing pegawai (pns) setelah SP2D diantar OPD BPKAD ke Bank (kerjasama
pemda) contoh : disini kerjasama dengan bank sumut
5. Selesai.
Cara menghapus dan
Mengubah SPM Ls, SPP Ls dan GU maupun TU :
Terkadang tak sesuai dengan keinginan dan harapan SPM
Ls, GU maupun TU sudah jadi alias sudah selesai dikerjakan ternyata ada yang
salah, mau gak mau harus dirubah / edit lagi. Bagaimana meng edit atau
menghapus SPM yang sudah selesai dikerjakan.?
Berikut kami sampaikan cara menghapus atau mengedit SPM
yang sudah selesai di kerjakan di Aplikasi Simda Keuagan.
-
Buka menu tool
-
Perubahan status
-
Anggaran
-
SPM
-
Nomor SPM : Input / ketikan
nomor spm yang mau di ubah / hapus
-
Status : Pilih final
-
Ke Status : pilih
draf
-
Ubah
-
Selesai
-
Keluar
-
Kembali ke Data
Entry - SKPD - Tata Usaha - Pembuatan SPM
-
Pilih SPM mana yang
akan di edit atau dihapus.
-
Selesai
Jika ingin menghapus atau mengedit SPP nya sama seperti
mengedit dan menghapus SPM, tinggal pilih SPP.
Cara Ngeprint SPP, SPM dan Laporan – Laporan di Simda
Keuangan Dengan Sempurna Alias Tidak Terpotong
Seorang operator
simda keuangan harus mengerti tugas pokok dan fungsinya ketika dia ditunjuk
sebagai operator simda keuangan. Salah satunya adalah pembuatan spp, spm, dan
tidak cukup hanya membuat soft nya saja akan tetapi harus diprint out / hard
copy.
Dalam simda keuangan
habis di install ke komputer dan selesai pembuatan SPP, SPM dan laporan-
laporan lainnya defaultnya ketika di print out hasilnya tidak sempurnya ada
terpotong bagian ujung kanan / yang paling kanan. Sehingga hasil spp, spm dan
laporan laporan yang lain ketika di pirint tidak bisa dibaca dengan sempurna.
Caranya adalah
sebagai berikut :
- Buka aplikasi simda keuangan
- Buka spp, spm atau laporan yang akan diprint
- Setelah dibuka laporan mana yang akan di print
- Klik menu / tombol print
- Setelah ke buka akan tampil beberapa jenis print yang
terinstal di laptop kita
- Cari print ‘Miscrosoft XPS Dokumen’ atau printer yang
lain juga bisa tapi ukuran kertasnya harus di ubah (unit : mm), Lebar kertas
:215, Tinggi kertas :330. Atau (unit : inci) Lebar kertas :8.50, Tinggi kertas
:13
- Klik kanan – Set Default Printing
- Klik kanan lagi – klik preperences
- Klik Advanced
- Pilih paper size : A3
- Ok
- Selesai
Sekarang coba lagi
klik tombol print, Insya Allah hasil printnya sudah sempurna sesuai keinginan /
kebutuhan anda.
Cara dapat duit di internet www.karya-muda.com
BalasHapusok om,, makasih telah berkunjung.
Hapus