12 Faktor Peringkat SEO Paling Penting Dalam Dunia Website Blogger
Ada 200+ faktor peringkat SEO yang membantu
mesin pencari menentukan situs mana yang harus ditampilkan dalam hasil
pencarian dan bagaimana peringkat mereka. Jika Anda ingin situs Anda mengklaim
tempat teratas di SERP (halaman hasil mesin pencari), Anda perlu mengoptimalkan
keberadaan online Anda untuk memenuhi faktor - faktor ini.
Berita baiknya adalah tidak semua dari 200+
faktor peringkat sama. Beberapa faktor peringkat lebih penting daripada yang
lain. Saat Anda merencanakan strategi SEO Anda, perhatikan 12 faktor ini yang
paling memengaruhi peringkat.
Sebelum kita masuk ke faktor peringkat SEO
teratas, penting untuk dicatat bahwa faktor - faktor ini dapat dan akan
berubah.
Mesin pencari dan algoritme peringkat Google
terus berubah. Beberapa faktor menjadi lebih atau kurang penting, dan beberapa
faktor diperkenalkan atau dihilangkan. Penting untuk tetap mengetahui faktor
peringkat terbaru dan secara teratur menggunakan alat audit SEO untuk memindai
situs Anda untuk memastikan bahwa Anda mengikuti praktik terbaik SEO terbaru.
Mesin pencari dan algoritme peringkat Google
terus berubah. Apakah Anda yakin situs Anda mengikuti praktik terbaik SEO
terbaru.?
Sekarang, mari kita lihat bagaimana membantu
meningkatkan peringkat SEO dengan mengoptimalkan kehadiran online Anda untuk
menarik 12 faktor peringkat SEO penting.
12
Faktor Peringkat Top SEO
Berikut adalah 12 faktor peringkat SEO
teratas (tidak diperingkat menurut urutan kepentingan).
1.
Keamanan Situs
2.
Kemampuan merangkak
3.
Mobile-Keramahtamahan
4.
Kecepatan Muat Halaman
5.
Keterlibatan Pengguna
6.
Konten Berkualitas Tinggi
7.
Kata Kunci Target Yang Tepat
8.
Konten yang Dioptimalkan
9.
Data Terstruktur
10.
Daftar Bisnis yang Konsisten
11.
Profil Tautan Balik
12.
Usia Domain
Saat Anda merencanakan strategi SEO Anda,
perhatikan 12 faktor ini yang paling memengaruhi peringkat.
1.
Keamanan Situs
Sejauh 2014, Google telah membahas keamanan
situs sebagai faktor peringkat. Sekarang, ini adalah salah satu faktor
peringkat Google yang paling penting dalam daftar ini. Keamanan situs mengacu
pada penggunaan enkripsi HTTPS. Situs dengan enkripsi HTTPS memiliki sertifikat
SSL yang membuat koneksi aman antara situs web dan penggunanya. Ini menambahkan
lapisan keamanan tambahan yang melindungi pertukaran informasi antara pengguna
dan situs.
Mesin pencari ingin mengarahkan pengguna ke
situs yang paling tepercaya, dan enkripsi HTTPS menunjukkan kepada mereka bahwa
suatu situs aman. Jika URL situs web Anda dimulai dengan HTTP, bukan HTTPS,
situs Anda tidak aman, dan Anda harus menambahkan sertifikat SSL.
2.
Kemampuan merangkak
Mesin pencari tidak dapat memberi peringkat
situs jika mereka tidak dapat menemukannya. Itulah sebabnya mengapa situs dapat
dirayapi adalah faktor peringkat SEO yang sangat penting. Kemampuan merangkak
memungkinkan mesin pencari untuk memindai situs web dan meninjau kontennya,
sehingga mereka dapat menentukan tentang apa halaman tersebut dan bagaimana
peringkatnya.
Jika Anda ingin Google memberi peringkat
situs Anda, izinkan mesin pencari merayapi situs Anda dengan benar.
Kirim peta situs ke mesin pencari teratas.
Periksa status indeks Anda di Google Search
Console untuk meninjau jumlah halaman yang dijelajahi Google di situs Anda.
Gunakan robots.txt dengan benar untuk
memberi tahu mesin pencari mana halaman mana yang harus mereka akses dan
halaman mana yang harus mereka abaikan.
3.
Kemudahan Bergerak Seluler
Keramahan seluler mengacu pada bagaimana
suatu situs web terlihat dan berkinerja ketika seseorang melihatnya di
perangkat seluler. Situs mobile-friendly memberikan pengalaman pengguna yang
baik dengan menggunakan desain responsif yang menyesuaikan konten sehingga
terlihat bagus di setiap ukuran layar. Karena lebih banyak pencarian dilakukan
pada perangkat seluler daripada desktop (52,2% lalu lintas internet berasal
dari perangkat seluler dan jumlahnya terus meningkat), keramahtamahan seluler
penting bagi mesin pencari dan pengguna.
Untuk melihat apakah situs Anda responsif,
kirimkan situs Anda ke Tes Ramah Seluler Google. Ini akan melaporkan kembali
masalah apa pun dengan versi seluler situs Anda.
faktor peringkat seo keramahan ponsel
4.
Kecepatan Muat Halaman
Faktor peringkat SEO lain yang berhubungan
dengan pengalaman pengguna adalah kecepatan memuat halaman. Situs pemuatan
lambat memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Mesin pencari tahu bahwa
orang ingin menemukan jawaban secepat mungkin, sehingga mereka lebih suka
menampilkan situs yang akan dimuat dengan cepat untuk pengguna. Ini bahkan
lebih benar untuk situs seluler, karena Google mengumumkan bahwa Pembaruan
Kecepatannya akan membuat kecepatan memuat menjadi faktor peringkat untuk
pencarian seluler.
Untuk memastikan situs Anda dimuat dengan
cepat, gunakan pemeriksa kecepatan situs. Coba alat Analisis Kecepatan Alexa,
yang merupakan bagian dari Audit Situs lengkap kami atau alat PageSpeed
Insights Google.
faktor
peringkat seo kecepatan situs
Jika situs Anda lambat, ambil
langkah-langkah untuk mempercepat situs Anda dengan menerapkan caching situs
web, mengompresi file, mengurangi jumlah arahan ulang, dan mengambil
langkah-langkah lain untuk mempercepat waktu buka.
5.
Keterlibatan Pengguna
Mesin pencari mencari pengguna untuk
membantu mereka menentukan halaman mana yang harus mereka promosikan dalam
peringkat pencarian. Mereka mempertimbangkan bagaimana pengguna berinteraksi
dengan hasil untuk menentukan halaman mana yang lebih baik dan lebih bermanfaat
bagi pencari. Google melakukan ini melalui alat kecerdasan buatan yang disebut
RankBrain. Faktor keterlibatan pengguna meliputi:
Rasio Klik-tayang (RKT): Persentase orang
yang mengklik hasil mesin pencari saat disajikan kepada mereka.
Waktu di Situs: Jumlah waktu yang dihabiskan
seseorang pada halaman setelah menemukannya melalui pencarian.
Tingkat Pentalan: Persentase orang yang
cepat pergi setelah hanya melihat satu halaman di situs yang mereka temukan
melalui pencarian
Metrik ini membantu mesin pencari menentukan
apakah hasil pencarian berharga bagi pengguna, jadi optimalkan konten situs
Anda dan cuplikan pencarian untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.
Gunakan desain dan gambar situs web
berkualitas tinggi.
Gunakan arsitektur situs siled yang alami
dan mudah diikuti.
Gunakan tautan internal untuk membantu
pengguna menavigasi dengan mudah melalui situs Anda.
Gunakan SEO tag meta untuk membuat judul dan
deskripsi yang menarik untuk cuplikan hasil pencarian Anda.
Optimalkan konten Anda untuk cuplikan
unggulan dalam pencarian.
6.
Konten Berkualitas Tinggi
Cara lain untuk meningkatkan keterlibatan
pengguna di situs Anda dan menarik mesin pencari adalah dengan secara konsisten
menerbitkan konten berkualitas tinggi di situs Anda. Konten adalah salah satu
faktor peringkat SEO yang paling penting. Mesin pencari ingin memberikan hasil
terbaik, sehingga memberikan peringkat teratas ke situs yang memiliki konten
yang diteliti dengan baik, mendalam, dan dibuat dengan baik.
Konten segar menarik perayap pencarian dan
meningkatkan visibilitas pencarian sambil memberi Anda sesuatu yang berharga
untuk dibagikan kepada audiens Anda, sehingga itu merupakan win-win untuk
strategi pemasaran Anda.
Konten segar menarik perayap pencarian dan
meningkatkan visibilitas pencarian, sementara juga memberi Anda sesuatu yang
berharga untuk dibagikan kepada audiens Anda. Ini adalah win-win untuk strategi
pemasaran Anda. KLIK KE TWEET
Mulailah dengan menggunakan pemetaan konten
untuk menjabarkan rencana untuk situs web Anda yang mencakup pembuatan halaman
arahan dan konten blog yang sedang berlangsung.
7.
Kata Kunci Target Yang Tepat
Jangan membabi buta dengan pembuatan konten.
Buat konten secara strategis dengan melakukan riset kata kunci untuk memberi
tahu Anda apa kata kunci untuk ditargetkan dan topik yang akan dibahas.
Penelitian kata kunci adalah proses mengidentifikasi kata kunci populer yang
dapat mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.
Pertimbangkan bagaimana Google menentukan
peringkat kata kunci untuk membantu Anda memilih kata kunci terbaik untuk
konten Anda.
Targetkan kata kunci ekor panjang. Saat
pencarian suara semakin populer, semakin banyak orang mencari frasa dan
pertanyaan yang panjang. Banding untuk jenis pencarian ini dengan menemukan
kata kunci ekor panjang (kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih)
selain kata kunci umum yang lebih pendek untuk ditargetkan dalam konten Anda.
Pahami maksud pencarian kata kunci. Maksud penelusuran
adalah alasan mengapa seseorang mencari (mis., Karena mereka ingin belajar,
membeli, atau menavigasi ke sesuatu). Google meningkatkan rangking untuk
halaman yang memiliki konten yang sesuai dengan maksud kata kunci, jadi
pastikan Anda memahami bagaimana berbagai jenis kata kunci dipetakan ke
berbagai jenis konten, di berbagai bagian corong pembelian.
Targetkan istilah dalam rentang kompetitif
situs Anda. Beberapa kata kunci sangat kompetitif dan akan sulit
diperingkatkan. Fokus pada kata kunci yang berada dalam rentang kompetitif
situs Anda. Gunakan alat Kesulitan Kata Kunci dalam Rencana Tingkat Lanjut
Alexa untuk mengidentifikasi istilah-istilah yang sesuai dengan kemampuan
bersaing Anda dengan mudah. Alat ini mempertimbangkan otoritas situs Anda dan
menyoroti kata kunci yang dapat diperingkatkan oleh situs Anda.
strategi peringkat kata kunci faktor peringkat
8.
Konten yang Dioptimalkan
Untuk menarik mesin pencari ke konten Anda,
Anda juga perlu mempertimbangkan faktor SEO di halaman. SEO On-page adalah
proses mengoptimalkan setiap halaman di situs Anda untuk kata kunci target.
Dengan mengoptimalkan konten Anda untuk satu kata kunci tertentu, Anda memberi
tahu mesin pencari tentang halaman itu dan untuk apa peringkatnya.
Tetapkan satu kata kunci unik untuk setiap
halaman di situs Anda. (Jangan pernah menetapkan kata kunci yang sama untuk
lebih dari satu halaman di situs Anda karena ini dapat membingungkan mesin
pencari dan menyebabkan kanibalisasi kata kunci). Kemudian, optimalkan konten
untuk praktik terbaik SEO pada halaman.
Gunakan daftar periksa SEO on-page untuk
mengoptimalkan halaman Anda, dan kemudian periksa untuk memastikan Anda tidak
melewatkan peluang optimasi dengan menggunakan Pemeriksa SEO On-Page Alexa.
9.
Data Terstruktur
Cara lain untuk memberi tahu mesin pencari tentang
apa halaman web itu (sehingga mereka memberi peringkat yang sesuai) adalah
melalui penggunaan data terstruktur. Data terstruktur, atau Skema Markup,
adalah mikrodata yang ditambahkan ke bagian belakang halaman web yang memberi
tahu mesin pencari cara mengklasifikasikan dan menafsirkan konten (seperti
mengidentifikasi alamat bisnis, judul buku, resep, atau jenis informasi
lainnya).
Data terstruktur adalah faktor peringkat SEO
teratas karena dengan jelas memberi tahu mesin pencari apa yang penting tentang
sebuah halaman. Ini juga penting karena data terstruktur dapat menyebabkan
cuplikan fitur dalam pencarian, yang dapat meningkatkan rasio klik per tayang
dan bahkan meningkatkan peringkat.
10.
Daftar Bisnis yang Konsisten
Mesin pencari memberi peringkat pada merek
yang mereka yakini paling kredibel, berwibawa, dan dapat dipercaya. Semakin
mapan suatu merek muncul secara online, semakin besar kemungkinan mesin pencari
akan meningkatkan visibilitas pencarian mereka. Inilah sebabnya daftar bisnis
yang konsisten merupakan faktor peringkat yang penting.
Daftar bisnis, kadang - kadang disebut
sebagai kutipan, terutama merupakan faktor peringkat SEO lokal. Tetapi semua
merek harus melakukan pengaturan dan manajemen kutipan dasar dan:
Buat halaman Google Bisnisku.
Menyiapkan profil bisnis di situs direktori
yang terkait dengan industri.
Pastikan bahwa RAN (nama bisnis, alamat, dan
nomor telepon) mereka digunakan secara konsisten di seluruh profil bisnis
mereka.
11.
Profil Backlink
Tautan balik adalah sinyal lain yang memberi
tahu mesin pencari bahwa sebuah situs web kredibel dan berwibawa. Jumlah dan
kualitas tautan yang menunjuk ke situs Anda merupakan faktor SEO di luar
halaman yang memiliki dampak signifikan pada peringkat pencarian Anda.
Di samping konten, backlink sering dianggap
sebagai faktor peringkat SEO terpenting kedua. Jika Anda ingin peringkat situs
Anda, Anda memerlukan rencana untuk membangun backlink berkualitas tinggi untuk
situs Anda melalui praktik-praktik seperti posting tamu, akuisisi tautan, PR
digital, dan strategi membangun tautan lainnya.
12.
Usia Domain
Faktor peringkat akhir mungkin bukan sesuatu
yang dapat Anda kendalikan, tetapi perlu disebutkan. Usia domain, atau berapa
usia situs web Anda, sering dianggap sebagai faktor peringkat. Meskipun Google
tidak dengan jelas menyatakan ini sebagai salah satu faktor peringkat SEO-nya,
penelitian telah menemukan bahwa domain lama cenderung peringkat yang lebih
baik.
Jadi, jika Anda meluncurkan situs baru,
ketahuilah bahwa perlu waktu untuk upaya SEO Anda untuk memulai. Dengan waktu
dan kerja SEO berkelanjutan, situs Anda akan meningkatkan peringkat
pencariannya, tetapi itu tidak akan terjadi dalam semalam.
Apakah Situs Anda Dioptimalkan untuk Semua
Faktor Peringkat SEO.?
Sekarang setelah Anda tahu faktor-faktor
peringkat SEO apa yang paling penting, sekarang saatnya untuk mengoptimalkan
situs Anda.
Baik Anda membuat konten baru atau
mengoptimalkan konten yang ada, gunakan panduan ini untuk memastikan Anda
mencakup semua basis SEO Anda: 50 Praktik Terbaik untuk SEO yang Akan Menyulut
Pertumbuhan.
Kemudian mendaftar untuk uji coba gratis
dari rencana Tingkat Lanjut Alexa untuk mendapatkan laporan audit SEO bulanan
untuk memastikan tidak ada masalah teknis yang menghalangi peringkat Anda.
source : https://blog.alexa.com/
Jasa seo surabaya
BalasHapusTerima kasih gan
sama - sama bro...
Hapus