Ilmu yang Harus Dikuasai Jadi IT Helpdesk System
![]() |
IT Helpdesk System |
Tidak sedikit diantara kita yang punya pendidikan formal katakan DIII / S1 dari berbagai jurusan tapi masih menganggur, mau cari kerja bingung, belum punya pengalaman (fresh graduate), takut ditolak, dll.
Kita takut, dan ragu akan kemampuan terhadap pekerjaan apa yang dibebankan oleh atasan terhadap kita. Contoh: IT Helpdesk, ilmu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum kita melamar dan bekerja di bagian IT helpdesk?
Sebelum terlanjur gagal dan malu, ada baiknya baca dan simak dulu apa saja tugas seorang IT Helpdesk dibawah ini sebagai berikut :
Helpdesk atau Meja bantuan adalah sumber daya yang dimaksudkan untuk memberikan informasi dan dukungan kepada pelanggan atau pengguna akhir terkait dengan produk dan layanan perusahaan atau institusi.
Pekerjaan IT Helpdesk System
Kurang lebihnya yang harus dikuasai sebagai IT Helpdesk :
Soft skills :
- Punya kemampuan beradaptasi yang baik di lingkungan multikultural.
- Punya perhatian yang baik terhadap detail tentang isu - isu yang ada di lapangan.
- Sikap empati yang kuat.
- Sabar, inisiatif, telaten.
- Selalu memberikan solusi atas masalah yang dihadapi client/end-user.
Hard Skills :
- Memahami SLA (Service Level Agreement). Artinya ada kesepakatan atas kebijakan dalam menyelesaikan suatu isu misal anda diberi batas waktu max. 3 hari untuk dapat mengatasi problem/isu tersebut. Ini akan mempengaruhi penilaian kinerja. Jadi harus segera CLOSE TICKET sebelum deadline. Model kerja ini disebut model System Ticketing. Jika ada dapat 1 atau 5 sehari tiket masuk dan di assign ke anda, maka sesuai aturan SLA anda punya waktu max.3 hari untuk nge fix kan masalah tersebut. Jika tidak mampu, maka ticket itu akan di eskalai ke tim IT Helpdesk level di atasnya.
- Kemampuan dokumentasi yang baik dan punya perhatian lebih terhadap detail atas isu - isu yang terjadi sekarang dan dapat dijadikan pedoman untuk troubleshoot dimasa yang akan datang.
- Kemampuan support administrasi sistem seperti melakukan manajemen user accoubt dan password, use4 access permission, dan keamanan jaringan.
- Mampu melakukan instalasi sistem Operasi, setup jaringan, setting IP router dll. Update antivirus berkala dan report ke tim IT cyber Security terkait, instalasi hardware (pc, laptops printer, plotter, mobile device, mesin PABX, mesin absensi, scanner, barcodereader, telepon radio dll).
- Paham Act9ve Directory dan LDAP dll.
- Koordinasi dengan vendor hardware (replacement/refresh cycle/warranty claimed dll).
- Masih banyak lagi dan perlu diketahui IT Helpdesk itu garda terdepan dalam solusi atas isu - isu atau permasalahan terkait infrastruktur IT di perusahaan.
- IT Helpdesk juga ada levelnya, Level 1 sampai 4 (Expert).
- Kerjanya pun secara remote (kayak Call Center).
- Kalaupun ke lapangan, biasanya itu tugas IT Desktop Support Engineer / Printer Support. Mereka kerja di belakang Helpdesk. Mereka akan kerja dan mantau sesuai tiket 6G di assigned.
Posting Komentar untuk "Ilmu yang Harus Dikuasai Jadi IT Helpdesk System"
Silahkan tinggalkan komentar agar kami lebih baik.